Mengenal Rumah Adat, Tarian Adat, dan Senjata Tradisional Provinsi Lampung

Rumah Adat : Rumah Sesat


Rumah Sesat terbuat dari kayu dan berbentuk rumah panggung yang simetris. Rumah selalu dihiasi lambang garuda yang melambangkan marga Lampung. atapnya terdiri atas 2 susun dan meruncing pada bagian tenganh. Rumah adat ini digunakan untuk kegiatan kemasyarakatan seperti musyawarah antarmarga. Rumah adat ini dihiasi oleh ukiran ukiran kayu yang menawan.

Pakaian Adat: Pakaian adat Tulang Bawang



Pria
pria mengenakan kemeja berlengan panjang dan penutup dada. pakaian ini dilengkapi celana panjang dan kain songket yang dililitkan di pinggang. bagian kepala memakai mahkota berwarna emas. perhiasan lain yang dipakai kalung bersusun dan gelang di kedua lengan. pada saat menikah, pakaian yang dikenakan tetap sama. kain songket diselempangkan pula di bahu.

Wanita
Wanita mengenakan kain songket dan baju khas berlengan pendek. berbagai perhiasan seperti kalung susun, kalung emas, ikat pinggang, anting, gelang kuno, dan gelang kaki turut, mempercantik tampilannya. kepala memakai mahkota atau sigar suhun. sigar suhun membentuk burung garuda terbang dan memiliki 9 sisi sesuai jumlah marga di Lampung. sigar ini memberi arti slaing menghormati.

Senjata Tradisional : Terapang



Terapang merupakan senjata tradisional Lampung yang populer. Terapang memiliki ulu unik yang terbuat dari katu. Kayu diukir membentuk burung atau kepala orang dan melambangkan keberanian. Senjata khas lainnya adalah badik, keris, penduk, payan, dan beladau.

Tarian Adat : Tari Jangget



Tarian ini dimainkan untuk upacara upacara adat. Tari jangget melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung. Penarinya wanita dan dapat dilakukan lebih dari 2 orang. Gearakn tarian ini cukup dinamis. 

No comments

Powered by Blogger.