Setelah UN Berakhir...

Bismillahi rahmanir rahim…


Kemarin baru saja selesai ujian, Ini adalah yang ketiga kalianya saya UN..

Ritual UN tiap tahunnya memang selalu ada, dan kebetulan untuk tahun ini ritual tersebut jatuh pada tanggal 13 April kemarin.

UN ketiga kali ini pasti ada yang merasa biasa saja. karena saya dengar dari berita yang beredar, nilai UN tidak menentukan kelulusan. Berbeda waktu UN yang pertama.dan kedua  Yang mungkin ada tegang setengah mati.. toh?.

Tapi UN dilaksanakan secara online. Memang tidak semua sekolah menjalankan UN secara online, tapi menurut saya itu akan menjadi beban tersendiri bagi siswa. Ada yang takut kalau tiba-tiba terjadi mati lampu, ada yang takut laptop atau komputer nya nge-hang. Bahkan diberita banyak terjadi seperti itu.

Pemerintah memang penuh kejutan.

Oke.  saya mau kasih tahu buat Agang - agang, Beberapa hal yang terjadi setelah UN berakhir.  Ini saya tulis berdasarkan pengamatan dan pengalaman pribadi..

Hal yang dirasakan sesudah UN itu pasti lega. Huft.. Lega ini bisa diekspresikan dengan berbagai macam hal, tergantung siswanya sendiri. Tapi yang jelas, pesan Sifa hanya satu, jangan ekspresikan kelegaan ini dengan hal-hal yang negatif, karena masih banyak hal positif yang bisa Agang lakukan ketika mengekspresikan kelegaan ini. Bersyukur dan berdoa misalnya.

UN adalah ujian terakhir anak sekolah, dan artinya setelah UN Agang tidak akan melakukan apapun, tinggal menunggu pengumuman saja. Karena tidak ada yang perlu dilakukan di Sekolah lagi, maka Agang akan sering BANGUN SIANG.  Agang yang hobi begadang, pasti akan merasa puas karena tidak harus bangun pagi lagi dengan kelopak mata yang menguncup kayak bunga.  Bisa main game sampai subuh tanpa takut besok terlambat ke Sekolah.

Sebenarnya saya agak heran, sebagian dari kita selalu mau libur Sekolah, kalau perlu dalam seminggu itu ada enam hari tanggal merah, biar tidak ada lagi PR atau kegiatan belajar.  Tapi dilain sisi ini juga akan buat kita rugi.  Tidak ada Sekolah artinya tidak ada uang jajan!  Dan pada akhirnya mendadak JADI MISKIN, sebagian Siswa atau Siswi nanti akan mencari pemasukan tambahan, semacam menjual lem ke anak-anak.. mengerti lah..

Dan buat yang punya hutang sama Ibu Kantin tolong dilunaskan, jangan mentang-mentang tidak ke Sekolah lagi jadi lupa hutang.  Tunggu… kayaknya saya masih ada hutang ba’wang 1 biji juga kemarin. *Pura-pura lupa ingatan*

Tidak ada kesibukan lagi seperti saat Sekolah, mengakibatkan Agang jadi rentan galau.  Saya jujur ini yang saya rasakan :P, apalagi kalau diingat-ingat waktu zaman SMP dan SMA pas selesai UN saya jarang ketemu teman – teman, saya jarang liat hal – hal konyolnya, jarang liat mereka berdebat dengan luar binasanya, dan kami jarang ngobrol secara langsung.  Ini mengakibatkan saya jadi agak sedih sedih :P -_-

Jadi waktu Agang selesai UN bikin apa?

Kalau saya rajin ingat hutang ngeblog, dan saya juga coba cari uang tambahan sendiri, kayak bantu nenek saya jual cokelat atau kelapa atau waktu itu juga saya sempat disuruh buat desain terus dikasi uang atau ikut lomba online saja.. seru lah...  Ya… hitung - hitung cari tambahan buat jajan + menunggu masuk kuliah.

Saya berharap buat Agang yang baru saja selesai UN khususnya anak SMA/SMK/Sederajat, Saya sarankan Agang pikir dari sekarang, mau kerja atau kuliah.  Tidak ada salahnya kita pikir dari sekarang, kalau Agang mau kerja, bekerja di tempat yang memang Agang ahli dibidangnya.  Dan buat Agang yang Kuliah, saya kasih saran untuk cepat-cepat cari info pendaftaran Kampus yang Agang mau, kemudian belajar dan tak lupa berdoa  supaya kita masuk ke perguruan tinggi negeri yang kita idam - idamkan. Ayo kita kalahkan SBMPTN !! semangat!

Ingat nak :P -_-.  Setelah lulus SMA/SMK disinilah kehidupan Agang bakal dimulai.  Jangan sia siakan hidup Agang hanya buat senang-senang! Kasian kedua orangtua Agang yang sudah banting tulang untuk menyekolahkan Agang, sudah cukup juga Agang menyusahkan orangtua dan guru.

Diatas ceramah untuk saya juga. Hihiii

Apalagi menyia-nyiakan hidup hanya memikirkan dia sama orang lain, terus tulis ceritanya di Blog galau, ada yang kayak begitu? ADA, BANYAK!

Nah, untuk yang ini khusus bagi para blogger. Buat Agang para blogger yang kelas 9 atau 12, momen ini adalah momen yang baik bagi Agang untuk kembali ngeblog lagi. Tentunya banyak yang bisa dijadikan bahan ide selama Agang menjalani UN.

Wasallamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…


6 comments:

  1. mantap sarannya, buat referensi masa depan

    ReplyDelete
  2. Haha menarik nih... tapi saya sendiri baru kelas 10 jadi setahun yg lalu UN-nya..

    ReplyDelete
  3. kalau UN berakhir dunia serasa milik sendiri

    ReplyDelete
  4. Saya masih kelas XI jadi baru tahun depan saya UN. Emang bener yah UN sekarang tidak menentukan kelulusan?

    ReplyDelete
  5. UN kelar rasanya udah bebas gitu :v tapi masih memikirkan kedepannya nanti

    ReplyDelete

Powered by Blogger.