Friday, 5 August 2016

Assalamu Alaikum

Selamat malam semuanya

*Prok.. prok.. prok.. *

Kenapa tepuk tangan? Memang yang tulis postingan ini topeng monyet?


Di bulan ramadhan ini banyak iklan iklan sirup. Iya tidak? Terus iklannya itu keterlaluan. Bayangkan ada gelas kosong , tiba – tiba dari sudut kanan ada air woaahhh masuk. Dari sudut kiri ada sirup.. Woaahhh.. lalu tiba – tiba ada es bawa papan bertuliskan “Ronde 1”.. mau pertandingan tinju??? Tapi, saya lebih suka buka puasa pakai gorengan. Jarang buka puasa pakai sirup. Jadi, kenapa gorengan tidak diiklankan? Iya tidak?

Terus anehnya lagi, di iklan sirup itu ada ibu’ – ibu’ yang bawa sirup dengan bahagianya

“ayo, anak – anak minum sirup yuk!”

“iya bu’!”

Pas anaknya sudah minum

“Woaaahhhhh..~~~ segar sekali sirupnya bu’!” 

Wah.. di dunia nyata itu, tak ada seperti itu.. pasti kalau Agang liat maknya bikin sirup tidak sebahagia diiklan itu.

“Aco’, buka puasa”

“huu.. sirup terus tidak ada yang lain.?”

---

Banyak yang bilang saya tambah kurus. ada yang bilang saya mirip tripleks, anak kurang gizi lah dan lain - lain. tapi sebenaranya saya banyak makan. Saya suka makan. Saat lebaran ini saya sering makan dengan porsi yang tidak seperti hari biasa. Tapi, ada kue lebaran yang sering saya tanyakan ke orang. Yaitu kue nastar atau di kampoeng saya bilang “Toma’- toma’” karena setiap nastar disini bentuknya tomat. Yang saya tanyakan itu kenapa nastar ada cengkehnya? Ini nastarnya ada selai nanas dan cengkehnya. Agang buang atau makan cengkeh itu? Kenapa ditanam kalau nanti dibuang juga? Hmm mungkin dulu yang menciptakan nastar saat itu hanya cengkeh yang ada di sekitar rumahnya. Alhamdulillah, hanya cengkeh. Coba kalau saat bikin nastar yang ada disekitar rumahnya hanya kaktus.  -_-

Makanan yang sering saya tanyakan juga yaitu sayur. Masak air. Kasi’ masuk bumbu atau hanya masako saja. Terus turunkan semua sayur yang ada dirumah.

“Hmm.. tidak ada kangkung tidak ada sawi.... hmm.. masa’ tidak masak sayur? Kan tidak 4 sehat 5 sempurna??  Sayur apa kira – kira?.. haaaa.. masak daun pintu saja..”

 saya pernah makan mie telur udangnya hanya 2. Kenapa hanya 2? Karena Gara – gara, udang ini juga ditemukan bersama ikan katanya bonus dari penjualnya. Hmm.. udangnya hanya 2 baru kecil bilang saja kalau udang ini sudah lama. ya.. ini dimakan 1 keluarga. Bayangkan.. udangnya hanya 2. Bapak tidak makan udang . Satu kasi’ ke mak ku. Tidak boleh jadi anak durhaka.. haaa tinggal satu. Tinggal saya sama kakak. Hehehe.. diperebutkanlah udang itu. Tapi, kakak saya punya ide yang adil menurutnya, yaitu di bagi 2… dia dagingnya.. saya kulitnya -_-

---

Haa. Kebiasaan di Indonesia setiap lebaran itu ada broadcast, SMS dsb bilangnya minta maaf. Iya tidak? Entah siapa yang mulai. Pasti isi smsnya itu awalnya puitis dulu..

Andai jemari tak sempat berjabat...
Jika raga tak bisa bersua.... 
bla..bla

pokoknya panjang. Intinya terakhir mohon  maaf lahir dan batin . Kenapa tulis panjang – panjang di awal. Intinya itu saja

 “mohon maaf lahir dan batin”.

Kalau ketemu sama teman ucapannya

“mohon maaf lahir dan batin. Ya?”

“ya”

Biasa saja. Tidak pernah kan ketemu

“Sifa?”

“ya?”

Andai jemari tak sempat berjabat...
Jika raga tak bisa bersua....  bla... bla... 

---

Mudik itu selalu macet. Tidak pernah tidak. Karena banyak orang – orang yang mudik itu tidak efisien. Misalkan mobilnya muat 7 hanya isinya 2.  Motornya hanya untuk 2 diisi 5. Agang pernah liat tidak orang mudik pakai motor? Bapak, ibu’, dilihat dari belakang anaknya 2 di jok motor. Eh diliat dari samping ternyata ada anaknya lagi ditengah. Dia pasti susah nafas. Kadang kadang juga ada anaknya di depan di speedometer. Pakai kacamata hitam.

Dan ada ini tol baru tahun lalu dibuka yaitu tol cipali tahu toh? Ternyata sudah banyak yang kecelakaan di situ. Ada di berita kuliat katanya “mobil menabrak babi hutan”..


 ini babi tidak aneh kalau menyebrang di taman safari. Tapi, ini nyebrangnya di jalan tol. Saya punya khayalan kalau saat pemotor itu diwawancarai begini

“pak, kenapa bisa jatuh?”

“begini pak, saya mau mudik terus tiba – tiba ada babi hutan yang nyebrang. Saya menabraknya. Tapi, babi ini tetap jalan malah saya yang luka – luka.”

Dan harusnya jalan tol itu dikasi rambu – rambu.

“hati – hati ada babi nyebrang”

Terus gambarnya itu ibu babi dan anak babi lagi gandengan tangan di penyebrangan jalan.

Waktu mudik katanya motor yang pulang itu hampir mencapai 5 juta motor. Tapi, yang saya tidak mengerti itu setiap pemotor itu bawaanya banyak sekali kalau mudik. Bawa koper, diatas koper ,tas, diatas tas, istri dan anaknya. Jadi, kemarin kan saya pergi ke kota malino. Saya liat ada polisi jaga lalu lintas. Lumayan macet juga. ada mobil pick up di depan saya. Terus ditutupi pakai kain. Pas melewati pos penjagaan polisi eh, ada yang muncul dibalik kain putih. Kemudian tambah banyak. Astagaaaa.

Mudik itu capeknya di jalan. Ya toh? Saya juga pernah merasakannya yaitu tahun lalu, dari ogoamas, sulteng ke Makassar itu 2 hari 1 malam. Dan anehnya dari donggala itu ada mobil yang selalu bersama dengan mobil yang saya naiki. Platnya juga DD berarti orang sulsel juga. Karena seringnya bersama akhirnya mereka bersahabat. Ketika, di mana lagiiii? Saya lupa. yang penting ada 2 jalan. Terus kita berpisah disitu. Muncullah lagu:

It’s been a long day Without you my friend~~~



---

Sebenarnya, dalam momen lebaran ini kita harus menjadi orang yang lebih baik. Pengangguran semoga dapat kerjaan. Yang kerjanya karyawan semoga jadi bos. Dan kerjanya yang jadi maling semoga cepat tertangkap.

OK, sudah..

Terima kasih sudah mampir..

Selamat malam.. 

3 komentar: