Mau kemana setelah SMA?


Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat malam, Agang!
Hai, Agang!!

Malam ini adalah malam Selasa yang kelam… sekelam hati saya :P -_-.

Oke, jadi ceritanya saya sudah lama ingin posting tulisan ini.

Saya sudah lumayan lama lulus dari SMA. Sudah hampir 5 bulan yang lalu dan sekarang sudah jadi mahasiswa.

Alhamdulillah, sekarang kuliah di UNM. Walaupun awalnya ingin sekali kuliah di UNHAS. Tapi, di UNM is the best, makanannya enak, murah pula. Fotocopy juga murah sekali.
Kalau Agang bertanya “Rasanya seperti apa?” mungkin saya akan bilang begini..


Pertama, saya senang karena bertemu dengan orang dari daerah - daerah yang berbeda. Jadi, seru.. saling sharing bagaimana daerah masing – masing. Terus, Belajar bahasa daerah lain. Saya sedang belajar dikit – dikit bahasa Toraja. Tapi, susah ternyata.. berawal dari teman – teman dari Toraja yang berkomunikasi dengan bahasa daerahnya dan saya hanya tinggal bengong.. tapi, jujur saya suka lihat orang yang berkomunikasi dengan bahasa daerah mereka. Karena saya pikir betul – betul kaya Negara Indonesia yang punya banyak budaya, bahasa daerah, seni, dsb. Saya betul – betul cinta sama negeri ini.. 

Tapi…

Mungkin ini juga yang dirasakan buat Agang yang jauh dari orang tua.. saya sering rindu dengan suasana rumah.. dan juga rindu dengan teman – teman SMA. baru – baru ini saya telfonan yang disambung bersama 2 teman SMA saya. Saya senangnya bukan main. Yang biasanya hanya lewat tulisan akhirnya bisa dengar suara cempreng mereka lagi. Hahaha..

Sekarang, kita semua sibuk dengan kesibukan masing – masing. Ada yang kuliah, yang kerja, yang di luar kota, yang di rumahnya.

Rindu saat masih pakai seragam Putih Abu – Abu. Sekarang seragam Putih Hitam – Hitam. Duduk di kelas sambil main domino KW. Sekarang duduk di kelas sambil main handphone. Itu semua indah :P -_-. Karena kalau sudah kuliah, kayak begitu sangat langka. Nanti dibilang “Anak Mahasiswa na kalah kalah anak SD” (dikutip dari papan tulis saat senior belajar) 

Oh, ya buat Agang – Agang yang sekarang kelas 3 SMA, SMK, STM, DLL. Siapkanlah sebuah rencana “Mau kemana setelah SMA?”, mungkin sebagian ada yang memutuskan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Tapi, tunggu dulu.. belum tentu Agang diterima di PTN yang Agang sukai. Dunia ini memang kejam !!. Bisa saja Agang ditolak lalu terdampar di PTS / Swasta.

Oke, next.

Bingung mau masuk PTN atau PTS? Sebenarnya sama – sama baik. Tapi,kalau saya sarankan sebaiknya PTN. Ikut SNMPTN, SBMPTN, ST – PTKIN, UM – PTKIN, bebas tes Polteknik negeri dan jalur tertulisnya. Atau lebih kusarankan lagi coba yang perguruan tinggi kedinasan seperti STAN, STIS, STPP GOWA, dan lain – lain. Yaa.. kalau tidak lulus dan memang mau kuliah, ikut jalur mandiri PTN, lalu pilih swasta. Tapi, antara mandiri dengan swasta sebenarnya soal SPP ada yang hampir sama. Disinilah Agang pertimbangkan mana yang baik buat Agang.

Atau ada juga yang bingung mau pilih D3 (Diploma) atau S1 (Strata). Jadi, ini penjelasannya:

DIPLOMA
Waktunya 2,5 tahun untuk D2 dan 3 tahun untuk D3
Lebih banyak praktek
Lulusnya buat tugas akhir biasanya laporan praktek kerja
Gelar hanya A.md (Ahli Madya)
Kalau melamar kerja agak susah (belum tentu)

STRATA
Waktunya 4 tahun tapi bisa cepat / 3,5 tahun.
Lebih ke teori
Syarat lulus harus buat penelitian dan buat skripsi
Gelarnya sarjana
Dalam cari kerja mungkin ada kemudahan (belum tentu)

Oke, kayaknya itu saja dulu yang saya bisa kukatakan.  

5 comments:

  1. Kalau misalnya engga punya dana untuk kuliah gimana tuh gan solusi nya?

    ReplyDelete
  2. pas nih artikelnya kak, saya baru lulus smk bingung mau lanjut kuliah apa kerja dulu hehehe

    ReplyDelete
  3. Sangat meng inspirasi gan, jadi ga bingung-bingung lagi kalo udah mau lulus sma.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.