Thursday, 10 November 2016



Masih adakah yang ingat tanggal ini? Tanggal 28 oktober. Dimana diucapkan sumpah pemuda. Sumpah pemuda adalah salah satu tonggaksejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Menurut Saya, Sumpah Pemuda itu untuk memotivasi kita sebagai generasi muda untuk dapat memaknai arti dari kemerdekaan Negara kita ini. Caranya? Yaitu dengan mempertahankan kemerdekaan ini dan meneruskan semangat para pejuang zaman dulu dengan cara belajar yang giat dan berprestasi.

Coba kita lihat isi dari sumpah pemuda.

SUMPAH PEMUDA

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Lihatlah betapa kita harus bangganya atas semangat para pejuang zaman dahulu dalam mempertahankan Negara ini dari para penjajah.

Para pejuang ingin kita tidak membeda-bedakan Ras, Suku atau Adat istiadat, Namun nyatanya ulah pemuda sekarang, masih banyak pelajar yang tawuran, ini jelas menyimpang jauh dari Sumpah Pemuda. Mahasiswa yang berbeda pendapat dengan pihak tertentu, membakar apa yang ada, menghancurkan karena marahnya. Lima sila yang seharusnya terjaga dan teramalkan dengan baik sepertinya diacuhkan begitu saja oleh orang-orang yang mengaku kaum Intelektual ini. Masih adanya perang suku yang jelas-jelas didalamnya adalah sebagian besar pemuda suku tersebut, kenapa ada seperti ini?

Terus terang, secara pribadi saya masih ragu apakah makna Sumpah Pemuda ini betul - betul sudah dipahami oleh kita?

Tidak perlu berdebat masalah politik. lihat saja hal yang sederhana seperti kebiasaan berbahasa Indonesia di kehidupan sehari-hari.


“Tuhan menciptakan bangsa untuk maju melawan kebohongan elit atas, hanya bangsanya sendiri yang mampu merubah nasib negerinya sendiri”
-Ir. Soekarno-

7 komentar:

  1. Orang seperti mereka itu gak mau pikir tentang Nasionalisme.

    ReplyDelete
  2. mau tidak mau sekarang semangat anak muda sudah tergerus oleh perkembangan jaman

    ReplyDelete
  3. karen banget min, sangat cocok dengan keadaan negri ini yang sedang butuh semangat nasionalisme

    ReplyDelete
  4. Keren nih blognya ada nilai pancasila juga :D

    ReplyDelete