Di langit yang bergerak itu. Kira – kira apa?



assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
selamat malam



langsung saja,saya sama bapak saya pernah melihat kayak cahaya bintang di langit. Saya kira itu bintang biasa, ternyata bintang itu berjalan. Bintang itu tidak mempunyai ekor jadi bukan komet. Kalau itu pesawat, masa’ pesawat itu terlalu tinggi terbangnya. Cahayanya agak redup. Cahayanya itu bergeraknya ke timur. Kira – kira kecepatannya kayak pesawat. Kira kira itu apa?
Mungkin agang pernah juga lihat itu. Jadi, kira –kira itu apa? Setelah searching – searching di google kemungkinannya banyak. Bisa saja pesawat. Baik itu pesawat komersial yang seperti garuda, adam air, dsb. Atau bisa juga pesawat tanpa awak. Hmm.. jangan – jangan waktu itu adalah pesawat tanpa awak buatan Indonesia. Atau pesawat antariksa. Bisa juga objek itu hanya sebuah bintang tapi terlihat bergerak karena ilusi optik. Ilusi ini biasanya terjadi apabila saat melihat bintang yang bercahaya terang dengan background yang kosong dan gelap.
Ada kemungkinan itu juga satelit artificial. Satelit artificial adalah sebuah objek buatan manusia. Saat ini kira – kira sekitar 35.000 satelit artificial dalam berbagai ukuran. Ada yang berukuran 10 meter dan ada yang hanya seukuran bola baseball. Pergerakan satelit – satelit ini dipantau oleh The Joint Space Operations Center (JSpOC) di California. Puluhan ribu objek tersebut merefleksikan cahaya matahari dengan ketinggian yang berbeda – beda antara 100 hingga 400 mil dari permukaan bumi. Ini menyebabkan kita bisa melihatnya dengan mata telanjang.
Ada objek buatan manusia yang paling besar dan paling terang namanya International Space Station (ISS). Panjangnya sekitar 109 m dengan panel surya seluas 4000 meter persegi.

Image result for international space station background

Karena perbedaan musim, kita hanya bisa melihat ISS pada bulan – bulan tertentu saja.
Image result for international space station background

Image result for international space station background

Di bawah ini rekaman videonya

Jika Agang tertarik untuk melihat salah satu ojek yang akan melintasi di langit daerah Agang, kunjungi website heavens-above.com untuk melihat jadwal penampakan satelit. Atau kunjungi Spaceflight.nasa.gov, pilih tempat tinggal Agang.
Selamat mengamati !
 



4 comments:

  1. Sy juga pernah ngelihat yg seperti itu, ketik dudu d serambi rumahh

    ReplyDelete
  2. Kirain smua yg lewat kek gitu bintang jatuh semua.....

    ReplyDelete

Powered by Blogger.