Apa yang perlu Agang tahu tentang Narkoba?


Obat - obatan adalah bahan kimia yang merubah jalan kerja tubuh seseorang. Agang mungkin pernah mendengar narkoba itu tidak baik buat kita, tetapi Agang tahu tidak kenapa narkoba itu berbahaya? Jika Agang pernah sakit dan meminum obat, Agang pasti tahu kalau obat yang Agang minum itu salah satu jenis obat – obatan yang legal. Artinya adanya dokter memberikan resep buat pasien. Tetapi, kita akan membahas yang tidak legal.   

Banyak yang menggunakan obat illegal, seperti ganja, ekstasi, kokain, LSD, sabu – sabu dan heroin. Obat illegal seperti ini dapat merusak otak, jantung, dan organ – organ penting lainnya. Kokain contohnya dapat menyababkan serangan jantung. Pada saat menggunakan obat, seseorang akan kurang mampu bekerja dengan baik di sekolah, kantor, dan aktivitas lainnya. Seringkali susah untuk berpikir dengan jelas. Orang dapat melakukan hal yang bodoh atau bahaya yang dapat melukai dirinya sendiri atau orang lain ketika Agang menggunakan obat – obatan.

Biasanya orang menggunakan obat – obatan baik karena pergaulan atau mungkin penasaran atau hanya coba – coba. Seseorang mungkin menggunakan obat illegal karena banyak alasan, tetapi kebanyakan karena ingin melarikan diri dari realita untuk beberapa saat. Jika seseorang sedih atau kesal, sebuah obat dapat sementara waktu membuat orang merasa lebih baik atau lupa tentang masalah. Tetapi, melarikan diri ini hanya bertahan sampai obat – obatan hilang. Obat – obatan tidak memecahkan masalah. Tentu saja. Dan penggunaan obat – obatan sering kali menyebabkan masalah lain. Seseorang yang menggunakan obat – obatan dapat menjadi kecanduan. Ini berarti bahwa tubuh orang menjadi terbiasa memiliki obat – obatan baik laki – laki atau perempuan. Sekali orang kecanduan, sangat susah berhenti. Itupun kalau berhenti dapat menyebabkan gejala seperti muntah, berkeringat, dan gemetaran, sakit yang dirasakan terus – menerus sampai orang terbiasa tidak menggunakan obat itu lagi.    

Jika seseorang menggunakan obat – obatan, Agang akan melihat perubahan pada penampilan atau perbuatan. Berikut ini tanda – tanda seseorang menggunakan narkoba.

1.     Kehilangan minat di sekolah
2.     Menjadi murung, cepat marah, atau khawatir sepanjang waktu.
3.     Menyendiri
4.     Sulit berkonsentrasi
5.     Sering tidur (bahkan di kelas)
6.     Sering berkelahi
7.     Matanya merah dan agak bengkak
8.     Berat badan Turun / naik secara drastic
9.     Sering batuk

10. Hidungnya sering meler

No comments

Powered by Blogger.