Thursday, 12 October 2017

Manusia sebagai animal educandum berarti manusia harus dididik agar ia dapat melaksanakan kehidupannya sebagai manusia yang seutuhnya. Untuk itu diperlukan pendidikan yang “Memanusiakan manusia”. Pendidikan tersebut akan menumbuhkembangkan sifat hakikat manusia sebagai makhluk yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya.



Adapun sifat hakikat manusia, yaitu:

1.    Menyadari diri
Dengan adanya kemampuan menyadari diri yang dimiliki manusia maka manusia akan menyadari bahwa dirinya mempunyai karakter, mempunyai kelebihan dan kekurangan dan potensi yang dapat dieksplor dan dikembangkan.
2.    Bereksistensi diri
Kemampuan untuk menempatkan dirinya dan mengetahui apa yang terjadi di luar dirinya
3.    Berkata hati
Kemampuan untuk membuat keputusan baik buruknya suatu perbuatan manusia.`
4.    Moral
Moral yaitu nilai – nilai kemanusiaan. Moral yang sesuai dengan kata hati akan baik bagi manusia begitu pun sebaliknya.
5.    Menyadari hak dan kewajiban
Kewajiban adalah sesuatu yang harus dipenuhi oleh manusia. Sedangkan hak adalah sesuatu yang patut dituntut setelah memenuhi kewajiban.

6.    Memerdekakan diri
Manusia merasa bahwa dirinya tidak terikat sesuatu, tetapi tetap sesuai dengan kodrat manusia. Artinya, manusia bebas melakukan apa saja sepanjang tidak bertentangan dengan tuntutan kodrat manusia.
7.    Menghayati kebahagiaan
    Kebahagiaan tidak hanya dari pengalaman yang menyenangkan tetapi juga dari pengalaman yang pahit. Dengan proses yang di dalamnya terdapat usaha dan takdir dari semuanya itu akan menghasilkan sesuatu. Sebagai manusia diperlukan adanya kesediaan untuk menerima hasil yaitu dengan cara bersyukur.

1 komentar:

  1. edukasi yang bagus, manusia harus di didik dari sejak kecil

    ReplyDelete