Friday, 24 November 2017

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat ibu... 
Serta teman-teman yang berbahagia.

marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberi kita kesehatan, kesempatan, dan kebahagiaan yang kita rasakan hari ini. Shalawat serta salamsemoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memperjuangkanIslam dan menuntun kita pada jalan yang diRidhai Allah SWT.

Pemanasan global atau Global Warming adalah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.  Semenjak manusia zaman purbakala sampai dengan zaman sekarang, manusia selalu mengalami perkembangan dalam setiap waktu yang dilaluinya. Selama perkembangan itu para manusia bergantung kepada alam. Tetapi, sekarang kita sudah mengalami jaman revolusi industri yang menyebabkan ketergantungan hidup di bidang perindustrian. Akibatnya ketergantungan pada alam perlahan-lahan mengalami kemunduran dan alam mulai tidak terawat.

Hadirin
Pemanasan global atau global warming merupakan masalah serius yang sedang mengancam bumi kita saat ini. Akibat dari pemanasab global adalah menipisnya lapisan ozon, perubahan iklim menjadi tidak menentu panas dan suhu menjadi lebih tinggi. Asap-asap yang dihasilkan oleh industri tidak semuanya bisa diserap oleh pohon, karena kebanyakan di wilayah industri memiliki pohon yang sedikit. Asap yang banyak mengandung zat berbahaya dapat merusak lapisan ozon pada atmosfer bumi dan menyebabkan masuknya sinar UV melalui lapisan ozon yang berlubang. Sinar UV dapat menyebabkan kulit manusia terasa terbakar, , tanaman menjadi kering, melelehnya es di Antartika yang menyebabkan permukaan air laut naik beberapa cm pertahun, dan itu bisa berdampak buruk bagi kelestarian pulau-pulau kecil di negara kita dan masih banyak lagi. Selain asap industri,yang dapat merusak lapisan ozon yaitu, efek rumah kaca, penggunaan Freon pada kulkas dan AC, dan penebangan hutan. Menurut para peneliti, suhu di bumi makin meningkat dalam 10 tahun terakhir ini. Di negara timur tengah bahkan sudah mencapai 54° celcius.

Perubahan iklim yang tidak menentu akibat dari pemanasan global sudah banyak dirasakan saat ini. Beberapa daerah di indonesia telah mengalami curah hujan yang sangat rendah sehingga terjadi krisis air (kekeringan). Sedangkan di daerah lainnya malah curah hujan yang sangat tinggi sehingga terjadi banjir dan tanah longsor. ketiga suhu bumi menjadi lebih tinggi.
Dampak global Warming sekarang ini memang tidak dapat dihentikan,tetapi masih bisa diminimalisir dengan berbagai upaya yang dapat dilakukan meskipun kecil misalnya ;
  1. menghemat energi baik energi listrik maupun energi air
  2. menghindari penggunaan kendaraan bermotor secara berlebihan, misalnya kita ingin pergi dengan jarak yang cukup dekat dapat menggunakan sepeda atau kendaraan umum atau berjalan kaki.
  3. Mengurangi pembakaran.
  4. Melakukan Penghijauan, menanam pohon yang rindang di pekarangan rumah kita
  5. mencintai lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya
  6. Untuk ekosistem laut, hindari perusakan karang dan pencarian ikan dengan menggunakan bom atau semacamnya
Dengan harapan dari hal-hal kecil yang kita lakukan dapat menimbulkan manfaat yang besar. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita para penduduk Bumi ikut menjaga dan melestarikan alam untuk masa depan kita.
Demikian yang dapat saya sampaikan. mohon maaf atas segala kekurangannya. Terima kasih.


Wassalamu’alaikum wr,wb

0 komentar:

Post a Comment