Menu Sarapan Baik untuk Fisik dan Mental

oke, tadi pagi Saya lapar sekali terus menemukan ikan asin / ikan kering sebutannya di kampungku di lemari.

Alhasil muncul ide bikin sesuatu dari ikan kering,

oke ini dia cara buatnya :

1. Agar ikan asinnya tidak terlalu asin -_- saya rendam bentar di air.
2. Potong ikan asin kecil -kecil , lalu goreng dengan minyak goreng,
3. pas sudah matang tuh ikan asin, tiriskan. -_-
4. buat kuah dari air + asam + tomat + penyedap + bawang merah + bawang putih
5.nah, setelah campur – campur tuh mulai meletup – letup masukkan ikan asin. aduk sampai merataa, sajikan dengan nasi putih panas,

taraaaaa, jadi, IKAN ASIN KUAH ASAM alaa chef Sifa HEHEHe

selamat mencobaa :D
Btw, Apa Agang termasuk salah satu orang yang sering melewati sarapan atau makan pagi? Kalau iya,  mulai sekarang coba untuk minimalisir kebiasaan ini ya. Soalnya, banyak penelitian yang menunjukkan kalau ternyata makan pagi itu sangat penting. Sarapan sehat dan kaya karbohidrat merupakan sumber energi yang bagus buat otak Agang dan bakal berdampak pada kesehatan fisik serta mental. Lalu, menu sarapan sehat apa saja yang bisa Agang santap? Yuk, simak baik-baik ya!

Oatmeal
http://www.eatingbyelaine.com

Mungkin menu yang satu ini cukup asing buat kebanyakan orang Indonesia, apa Agang pernah mencobanya? Oatmeal cukup mudah Agang temukan di supermarket-supermarket. Ada dua jenis oatmeal, yang pertama adalah oatmeal instan yang cukup diseduh dengan air hangat aja. Dan yang kedua, oatmeal yang harus dimasak lebih dulu.

Oatmeal itu adalah bubur gandum yang mengandung serat cukup tinggi. Salah satu manfaatnya, yaitu bisa menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung

telur
https://media.foody.id

Eitss, telur jangan dianggap remeh, karena ternyata telur merupakan menu sarapan sehat dan mudah yang bisa Agang coba. Percaya, protein merupakan sumber energi yang baik buat tubuh kita. Agang bisa bikin menu telur dadar, telur mata sapi, orak-arik telur, hingga telur kukus sebagai menu sarapan pagi.

Telur mengandung gizi yang cukup lengkap, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium dan folate. Konsumsi telur setiap hari juga bisa mengurangi risiko penyakit stroke.

Jus buah

https://3.bp.blogspot.com

Orang Indonesia mungkin masih kurang populer kalau sarapan dengan buah-buahan, tapi tidak ada salahnya dicoba, gan! Ada beberapa buah-buahan yang baik buat sarapan pagi, kaya pisang, wortel, tomat, apel, melon, mangga, dan papaya.

Yang perlu dicatat, jangan mengonsumsi buah yang terlalu asam di pagi hari. Jus yang Agang buat baiknya juga tidak ditambah gula. Biarkan saja rasanya murni apa adanya.

Sandwich
http://howtoatoz.net

Makan sandwich mungkin ibarat sarapan ala orang Amerika. Padahal tidak cuma bule, Agang juga sah-sah saja bikin dan makan sarapan sehat ini. Bahan utamanya adalah dua lembar roti, dengan isiannya seperti bawang bombay, telur rebus, irisan tomat, irisan keju, daun selada, dan minyak sayur.

Ada baiknya kalau Agang menggunakan roti gandum untuk bikin sandwich ini. Dua lembar roti gandum yang Agang konsumsi nantinya mengandung 80 kalori, yang bakal mengubahnya jadi sumber energi utama.”

Tahu
https://img-global.cpcdn.com

Jangan pernah meremehkan bahan makanan berwarna putih ini. Tahu punya banyak kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori, mineral, fosfor, vitamin B kompleks, kalium dan kalsium. tidak cuma itu, tahu juga mengandung 80% asam lemak tak jenuh yang tidak banyak mengandung kolesterol. Jadi, akan sangat aman buat kesehatan jantung Agang.

Sereal dan susu

Kalau Agang tidak punya cukup waktu di dapur, menu sarapan sehat yang satu ini bisa Agang jadikan pilihan. Agang bisa menyampurkan sereal dan susu di sebuah wadah.

Onigiri
https://gurunavi.com

Kebanyakan orang Indonesia merasa hidupnya tidak lengkap kalau tidak makan nasi saat sarapan pagi. Kalau Agang juga merasakan hal yang sama, Agang bisa buat onigiri sebagai menu sarapan sehat. Tenang,tidak perlu waktu lama untuk membuatnya, hanya sekitar 4-8 menit saja, apalagi kalau Agang sudah punya persediaan nasi sebelumnya.

Agang cukup membuat bulatan dengan nasi, mengisinya dengan isian sesuai selera, lalu memberi nori atau lembaran rumput laut untuk mengikatnya. Daging ayam, telur, abon, atau sayuran bisa Agang jadikan alternatif isiannya


Kalau Agang, apa menu sarapan sehat yang menjadi andalan? Bisa Agang tuliskan di kolom komentar ya! Apa Agang juga salah satu penggemar nasi goreng? Tenang, menu yang satu ini bisa juga sehat asal Agang tambahkan sayur saat memasaknya. 

No comments

Powered by Blogger.